Ternyata Banyak Manfaat Serai Untuk Kesehatan Tubuh

Serai memang lebih dikenal sebagai salah satu bahan dapur untuk memasak. Sebagai salah satu tanaman herbal, serai memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bagian yang bisa diolah pada serai antara lain, batang dan daunnya. Manfaat serai untuk kesehatan sangat banyak, karena banyak senyawa dalam serai yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

Pada serai ada beberapa sifat yang sangat membantu tubuh agar terhindar dari beragam penyakit. Serai memiliki sifat anti jamur, lalu ada juga anti inflamsai hingga analgesic juga anti oksidan. Serai dikenal memiliki aroma yang khas dimana bisa menciptakan sensasi menyegarkan saat diolah. Di bawah ini adalah ulasan manfaat serai untuk tubuh yang bisa dirasakan jika mengkonsumsinya secara benar.

1. Untuk Mengatasi Depresi

Manfaat serai yang pertama bagi kesehatan tubuh adalah untuk mengatasi depresi. Beberapa penelitian membuktikan serai memiliki senyawa yang berfungsi sebagai antidepresan. Ini membuat serai menjadi tanaman yang bisa mengatasi depresi. Dengan mengkonsumsi serai maka beragam gejala depresi bisa teratasi.

Aromanya yang khas dipercaya bisa menenangkan sehingga baik untuk pengidap insomnia dan bisa menurunkan stres dan kecemasan berlebih. Selain itu, aroma yang menenangkan pula bisa membantu relaksasi saraf yang membuat tubuh lebih rileks sehingga tidur bisa lebih nyenyak.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat serai untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi tekanan darah. Salah satu sifat serai yakni diuretic bisa membantu tubuh untuk membuang garam dan air yang berlebih. Kadar garam yang berlebih adalah salah satu penyebab terjadinya hipertensi. Oleh karena itu jika ingin menurunkan tekanan darah, cobalah secara rutin mengkonsusmi serai.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Serai bisa memaksimalkan keinerja salah satu organ yakni pankreas. Jika pankreas bisa bekerja optimal maka kadar gula bisa terkontrol sehingga tubuh bisa terhindar dari diabetes. Pankreas yang tidak bisa optimal maka tidak mampu memproduksi insulin, hal tersebut penyebab kadar gula naik drastis yang berujung diabetes.

4. Menjaga Pencernaan

Sifat serai yang anti bakteri bisa melindungi sistem pencernaan dari bakteri yang setiap harinya masuk ke dalam tubuh. Serai bisa membunuh bakteri patogen yang masuk pada tubuh sehingga bisa mencegah adanya infeksi pada sistem pencernaan. Bahkan serai sudah dipercaya bisa menyembuhkan diare, sembelit, dan nyeri haid karena memiliki sifat analgesic.

5. Pereda Nyeri Otot

Seperti yang sudah disebutkan, serai memiliki sifat analgesic. Tak heran jika tanaman ini bisa mengatasi masalah nyeri otot dan sendi. Jika ingin mengatasi rasa nyeri otot dan sendi menggunakan serai caranya bisa dengan meminum air serai yang dipadukan dengan teh hitam. Bisa juga dengan cara mengeluarkan minyak pada serai lalu menggunakan minyak tersebut untuk memijat tubuh.

Selain sifat analgesic yang bisa mengatasi rasa sakit dan nyeri pada otot, antidepresan yang bisa didapat dari aroma serai juga turut membantu mengatasi nyeri sendi dengan membuat rileks otot dan sendi yang kaku dan tegang.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat serai untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah pada mulut. Jika suka sariawan dengan mengkonsumsi serai hal tersebut dapat teratasi, sebab serai memiliki sifat anti jamur yang biasanya menjadi penyebab infeksi pada mulut, anti inflamasi, juga anti bakteri yang biasa menjadi penyebab sariawan.

Beragam manfaat yang bisa didapatkan tubuh membuat serai bisa juga disebut sebagai salah satu tanaman obat yang aman untuk dikonsumsi. tanaman herbal bisa menjadi salah satu pengobatan tradisional yang hampir tidak memiliki efek samping.