Jangan Salah Beli, Baca Tips Membeli Ayam Potong Yang Berkualitas

Kebutuhan tubuh akan protein memang harus dipenuhi. Selain mengkonsumsi sayur dan buah, protein hewani juga tidak boleh terlewatkan. Para ibu rumah tangga harus jeli dalam membeli kebutuhan dapur. Termasuk untuk lauk pauk. Artikel kali ini akan dibahas bagaimana tips membeli ayam potong yang berkualitas.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini banyak sekali pedagang yang berlaku curang. Banyak diantara para pedagang ini masih menjual dagangannya yang sudah tak layak makan atau kondisinya buruk. Jadi sebagai ibu rumah tangga juga sangat penting untuk membedakan mana yang bagus dan tidak. Dibawah ini beberapa tips membeli ayam potong dipasaran :

1. Perhatikan Kulit Daging Ayam

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya banyak sekali pedagang yang melakukan kecurangan dalam menjual. Contohnya ada yang merendam ayam dagangannya dengan bahan kimia agar bisa terlihat fresh lebih lama. Hal ini dimaksudkan agar para pedagang ini tidak mengalami kerugian yang besar.

Tips membeli ayam potong pertama adalah perhatikan kulit ayam yang ingin dibeli. Gosok permukaan kulit ayam untuk memastikan apakah ada campuran bahan kimia atau tidak. Jika ada semacam tepung ataupun bubuk, maka pedagang tersebut patut dicurigai. Biasanya bubuk ini merupakan bahan kimia agar ayam tetap segar.

2. Perhatikan Tekstur Ayam

Tips membeli ayam potong yang kedua adalah dengan memperhatikan tekstur ayam tersebut. Jika membeli daging ayam yang di suparmarket biasanya daging dibungkus wrap. Untuk memastikan daging ayam masih segar dan tidak dibekukan berulang kali adalah dengan melihat apakah ada air dalam wrap tersebut atau tidak.

Tekstur ayam yang dibekukan berulang kali biasanya mengkerut, meskipun kandungan gizinya tidak berkurang tetapi rasanya sudah berbeda. Ada beberapa kasus di mana daging ayam dibekukan berulang kali dan tetap di simpan dalam lemari pendingin, padahal itu sudah tidak segar untuk dikonsumsi.

3. Perhatikan Warna Dagingnya

Tips yang ketiga dalam membeli ayam potong adalah dengan memperhatikan warna daging ayam itu sendiri. Daging ayam yang masih fresh biasanya berwarna pink. Namun, ada beberapa jenis ayam yang tidak berwarna pink tapi masih segar. Ini disebabkan dari jenis makanan yang dimakannya.

Hindari membeli ayam potong yang berwarna abu-abu dengan semburat berwarna kelabu. Ayam yang bercirikan seperti ini menandakan bahwa ayam sudah lama dipotong. Alasan lain dari adanya semburat abu-abu ini adalah ayam terlalu lama dalam frezzer, sehingga ayam tidak lagi segar.

4. Perhatikan Ada Darah Atau Tidak

Tips membeli ayam potong yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi daging ayam terlebih dahulu. Pastikan tidak ada darah dalam daging, karena hal tersebut menandakan bahwa daging ayam tidak lagi segar. Kasus ini banyak sekali terjadi jika membeli ayam di supermarket.

Adanya genangan atau aliran darah pada daging ayam disebabkan karena ayam tersebut terkontaminasi dengan kuman. Ini terjadi karena seringnya dipegang oleh banyak tangan setiap harinya. Daging yang terlalu sering dipegang membuat teksturnya rusak dan mengeluarkan darah pada sela-sela dagingnya.

5. Pilihlah Daging Yang Mau dihinggapi Lalat

Jangan menganggap bahwa daging yang dihinggap lalat itu jorok, karena hal itu merupakan pertanda bahwa daging tidak mengandung bahan kimia. Kondisi ini mungkin hanya terjadi jika membeli daging ayam di pasar tradisional. Jadi, jangan salah sangka jika ayam yang dihinggapi lalat itu tidak higenis.

Sebaliknya ayam yang tidak dihinggapi lalat patut dicurigai. Bisa jadi ayam tersebut mengandung boraks. Lalatpun tidak ingin memakannya apalagi untuk dikonsumsi. Jadilah pembeli yang tidak serta merta menerima tawaran penjual, jelilah dalam membeli bahan makanan. Tubuh yang sehat berasal dari makanan yang sehat pula.

Berhati-hatilah dalam membeli bahan makanan, karena jika bukan diri sendiri yang peduli pada kesehatan tubuh, siapa lagi? Sekian tadi beberapa tips membeli ayam potong yang bail dan berkualitas. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca semua dalam membedakan mana ayam yang baik dan yang bukan.